Penguatan Hubungan Sekolah dan Industri
Penguatan Hubungan Sekolah dan Industri
Fokus pengembangan ini
sangat diperlukan oleh sekolah dalam mendukung berbagai peningkatan dimana
diperlukan keserasian hubungan atau kemitraan dengan industri. Beberapa gagasan
ditingkat nasional untuk meningkatkan kemitraan SMK dengan insdutri telah
berhasil dilakukan baik untuk pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional. Oleh
karena itu benchmarking dan studi
banding ke sekolah-sekolah yang telah berhasil dan dianggap sesuai dengan
kebutuhan pengembangan dapat dilakukan.
Dalam hubungannya dengan program SBP SMK-SBI Invest
ini, upaya penguatan hubungan antara sekolah dan industri terutama untuk
mendukung pengembangan program akademik atau yang terkait dengan program
akademik, antara lain :
1.
Meningkatkan peran sekolah dalam
pelaksanaan Platform Internasional di industri lokal
2. Meningkatkan peran sekolah dalam
pengembangan dan pelaksanaan Uji Kompetensi Industri
Akan tetapi sekolah harus memperhatikan bahwa
keberhasilan melaksanakan kedua hal tersebut menuntut sekolah malakukan program
pendahuluan untuk mempersiapkan mutu sumber daya manusia dan fasilitas
pendukung sedemikian sehingga diperoleh pengakuan yang tinggi dari pihak
industri atau pekerja industri. Oleh karena itu untuk mencapai keberhasilan
program ini dengan baik, maka perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :
a.
Pilih
Technical Assitant yang ahli dalam
bidang kerjasama industri dan Uji Kompetensi Indutri.
b.
Bersama-sama
dengan TA lakukan analisis untuk dapat memilih mitra-mitra industri yang paling
sesuai untuk melaksanakan Platform Internasional dan merintis program Uji Kompetensi
Industri.
c.
Menyusun
program-program yang dianggap relevant
untuk melaksanakan Platform Internasional dan Uji Kompetensi Industri termasuk merencanakan
investasi yang diperlukan untuk mencapai sasaran program. Dalam hal ini program
yang dikembangkan hendaknya memberikan implikasi positif terhadap peningkatan
mutu proses pembelajran, daya saing lulusan dan bidang keahlian pokok sekolah.
d.Perluasan
program untuk memperoleh pengakuan di tingkat nasional maupun internasional.
Pengakuantersebut dapat berupa perolehan sertifikasi tingkat nasional maupun
internasional.
Keberhasilan pelaksanaan fokus pengembangan ini selama
5 tahun dapat diukur dari pencapaian hal-hal berikut,
a) peningkatan jumlah industri yang
bekerjasama menggunakan platform internasional dan melaksanakan uji komptensi
industri
b) peningkatan jumlah SDM sekolah yang memiliki
sertifikat untuk melaksanakan uji kompetensi industri
c)
meningkatnya jumlah industri tempat
magang siswa