Pengertian Manajer Adalah
Siapakah
Manajer Itu?
Seorang manajer adalah seorang anggota organisasi yang mengawasi,
mengarahkan, memadukan, dan mengkoordinasikan pekerjaan-pekerjaan anggota
organisasi yang lain. Hal ini dapat berarti bahwa manajer memiliki suatu
tanggung jawab langsung atas sekelompok orang dalam suatu departemen.
Ada cara tertentu untuk menggolong-golongkan para manajer dalam sebuah
organisasi khususnya organisasi yang memiliki penataan kerja dan struktur
karyawan. Biasanya struktur itu dibuat dalam bentuk piramida yang terdiri dari
manajer lini pertama, menengah, dan manajer puncak yang merupakan tingkatan
keorganisasian. Lihat gambar di bawah ini.
Gambar 3.2
Tingkatan Organisasi
Manajer Lini Pertama adalah manajemen tingkat paling rendah dan
seringkali disebut dengan penyelia.
Dalam sebuah pabrik, manajer lini pertama disebut supervisor (mandor) atau dalam regu olahraga, pelatih merupakan
manajer lini pertama. Manajer ini memiliki tanggung jawab untuk memimpin dan
mengawasi tenaga-tenaga operasional.
Manajer Menengah mencakup
semua tingkat manajemen antara tingkat penyelia dan tingkat puncak pada
organisasi tersebut. Mereka itu dapat menyandang nama seperti: kepala bagian,
kepala unit, wakil ketua, manajer divisi.
Manajer Puncak merupakan
posisi teratas dalam sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas pengambilan
keputusan seluruh organisasi dan menetapkan kebijakan dan strategi yang
mencakup seluruh organisasi itu. Orang-orang secara lazimnya menyebut manajer
puncak sebagai General Manajer,
Presiden Direktur, CEO (Chief Executive
Officer).
Perbedaan tingkatan manajemen akan
membedakan pula fungsi-fungsi manajemen yang dilaksanakan. Terdapat dua (2)
fungsi manajemen, yaitu manajemen administratif dan manajemen operatif.
Manajemen administratif merupakan fungsi manajemen yang berurusan dengan penetapan tujuan, kemudian
perencanaan, penyusunan kepegawaian, dan pengawasan kegiatan yang terorganisir
untuk mencapai tujuan tertentu.
Sedangkan Manajemen Operatif merupakan fungsi manajemen yang terlibat dalam
kegiatan memotivasi, mengawasi, melakukan komunikasi dengan para karyawan untuk
mengarahkan mereka agar mencapai hasil yang efektif.
Pada tingkatan manajemen rendah (first line), para manajer lebih banyak
melaksanakan fungsi manajemen operatif. Semakin tinggi tingkatannya, maka
mereka lebih terlibat dengan fungsi manajemen administratif.
Gambar 3.3 Perbedaan Fungsi Manajemen Terhadap Tingkatan
Manajemen
0 Response to "Pengertian Manajer Adalah"
Post a Comment