Brand Association dari merek
Brand Association
Asosiasi dari merek adalah segala
sesuatu yang terhubung kepada ingatan seseorang terhadap suatu brand.
Suatu asosiasi dapat terkait dengan pandangan terhadap perceived quality dan
positioning dari brand tersebut.
Sebelas tipe dari asosiasi
terhadap suatu merek adalah atribut produk tersebut
intangible, benefit, untuk pelanggan, harga
yang relative terhadap pesaing, pemakai
produk tersebut, celebrity, gaya
hidup dan kepribadian, kelas dari produk, pesaing dan Negara atau area geografis
Asosiasi ini menjadi
dasar dari keputusan beli dan loyalitas terhadap suatu brand. Asosiasi ini menciptakan nilai
tersendiri pada perusahaan melalui:
1. Membantu
proses atau memanggil suatu informasi
Asosiasi yang tinggi akan membantu terutama pada saat pengambilan
keputusan untuk membeli. Melalui asosiasi yang tinggi maka pelanggan dapat dengan mudah mengingat dan mengasosiasikan
brand tersebut pada suatu kebutuhannya.
2. Membuat
brand tersebut terdiferensiasikan.
Suatu asosiasi yang terdiferensiasikan akan menjadi
suatu keunggulan kompetitif yang utama. Asosiasi yang tinggi akan menjadi suatu penghalang bagi pesaing untuk menyerang
brand tersebut.
3. Membangun
alasan untuk membeli.
Hadirnya brand association akan memberikan
alasan yang kuat bagi pelanggan untuk mengkonsumsi produk tersebut.
4. Menciptakan perasaan
atau
emosi yang positif.
Asosiasi akan menstimulasi emosi yang
positif antara pelanggan
dengan brand tersebut. Melalui
pengalaman yang
diberikan setelah mengkonsumsi brand tersebut akan menambah kuat jalinan loyalitas pelanggan.
5. Menyediakan basis untuk melakukan eksistensi brand.
Melalui asosiasi yang kuat serta
perceived quality yang
kuat maka brand eksistensi dapat diakukan untuk memperkuat portfolio
suatu perusahaan tanpa harus membuat
dari awal.
0 Response to "Brand Association dari merek"
Post a Comment