CBBE (Customer Based Brand Equity)
CBBE (Customer Based Brand Equity)
Menurut Keller, K. L.,
model CBBE dibentuk untuk menjadi komprehensif, kohesif (terpadu), sistematis, up to date dan berorientasi aksi.
Landasan dasar dari model ini ialah bahwa kekuatan dari suatu brand terletak pada apa yang telah
dipelajari oleh konsumen, rasakan, lihat dan dengar mengenai brand tersebut selama ini. Kekuatan dari suatu
brand
ialah
apa
yang tersirat/tertinggal pada pikiran konsumen. Metode CBBE merupakan penyempurnaan dari model sebelumnya yaitu
model AAKER.
Dalam membangun brand yang kuat, menurut model
CBBE, dapat digambarkan sebagai rangkaian dari beberapa
langkah. Langkah pertama ialah untuk memastikan identifikasi
dari sebuah brand oleh konsumen dan asosiasi terhadap sebuah brand
dimata konsumen
terhadap
suatu
produk
brand
atau
terhadap kebutuhan konsumen.
Langkah kedua ialah dengan konsisten membuat
konsumen sadar(share of mind) akan arti brand tersebut.
Langkah ketiga ialah untuk mendapatkan atau menciptakan respon dari konsumen terhadap brand identity dan brand
meaning. Langkah terakhir ialah
untuk mengubah respon terhadap brand
untuk menciptakan intensitas,
loyalitas hubungan antara konsumen dan
brand.
0 Response to "CBBE (Customer Based Brand Equity)"
Post a Comment