-->

AAKER Model oleh David Aaker

David Aaker, melihat brand equity sebagai 5 set kategori dari brand aset dan kecenderungan dihubungkan kepada suatu brand yang mengambil untuk atau mengurangi  dari  nilai  yang  dihasilkan  dari  produk  atau  servis  kepada  suatu perusahaan dan/atau kepada suatu perusahaan pelanggan.

Kategori-kategori dari brand asset ini terdiri dari: 
Brand loyalty.
Kesiagapan dari brand (Brand awareness).
Kualitas yang diterima (Perceived quality)
Asosiasi brand.

Dan, aset-aset pemilik seperti halnya paten, ciri khas, dan jalur-jalur hubungan.

Menurut dari Aaker, konsep utama yang terpenting untuk membangun brand equity ialah dengan identitas brand, yaitu jajaran keunikan dari suatu asosiasi brand yang menggambarkan apa yang dijanjikan dari brand tersebut kepada para konsumen.
Aaker  melihat  identitas  suatu  brand  sebagaimana  terdiri  dari  12  dimensi organisasi dari sekitar 4 persepsi, yang diantaranya yaitu:
 Brand sebagai suatu produk (lingkup, atribut, nilai, kegunaan, pemakai, dan dari negara asal).
 Brand sebagai suatu organisasi (atribut, lokal dengan global).
 Brand  sebagai  suatu  personalitas  (personalitas  brand  dan  brand sebagai hubungan pelanggan)
 Brand sebagai simbol (penggambaran visual dan brand turunan)

Aaker juga mengkonsepkan identitas dari brand sebagai mencakupi suatu inti dan suatu perluasan identitas. Identitas dari utama-yang terpusat, kepentingan yang tidak  terpakut  waktu  dari  brand  tersebut-  yaitu  seperti  untuk  tetap  agar  konstan dimana brand itu sendiri berjalan dari pasar atau produk-produk yang baru.

Identitas yang diperluas mencakupi identitas dari elemen-elemen brand, pengorganisasian menjadi pengorganisasian yang menjadi partikel-partikel yang berarti dan tersusun. Apabila kita melakukan pendekatan aplikasi menuju saturn, hal yang paling baru dari devisi mobil General Motors mungkin akan dibatasi dengan diikuti:

ƒ  Identitas utama (Core identity),
Sebuah mobil kelas dunia dengan para pekerja yang melayani peanggan dengan baik dan sopan.ƒ  Identitas tambahan (Extended Identity),

0 Response to "AAKER Model oleh David Aaker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel