-->

Teknik Pengumpulan Data

1.  Wawancara adalah proses komunikasi atau interaksi untuk mengumpulkan informasi dengan cara tanya jawab antara peneliti dengan informan atau subjek penelitian. Dengan kemajuan teknologi informasi seperti ini, wawancara bisa saja dilakukan tanpa tatap muka, yakni melalui media telekomunikasi.

2. Observasi merupakan salah satu teknik pengumpulabn data yang sangat lazim dalam metode penelitian kuantitaif. Observasi hakikatnya merupakan kegiatan dengan menggunakan pancaindera, penciuman, pendengaran, untuk memperoleh informasi yang diperlukan untuk menjawab masalah penelitian.

3.  Selain melalui wawancara dan observasi , informasi juga bisa diperoleh lewat fakta yang tersimpan dalam bentuk surat. Data berupa Dokumen ini bisa digunakan untuk menggali informasi yang pernah terjadi dimasa silam. Peneliti perlu memiliki kepekaan teoritik untuk memaknai semua dokumen tersebut sehingga tidak sekedar barang yang tidak bermakna.

4. Focus Group Discussion adalah upaya menemukan makna sebuah isu oleh kelompok orang lewat diskusi untuk menghindari diri pemaknaan yang salah oleh seorang peneliti. Untuk menghindari pemaknaan secara subjektif oleh seorang peneliti, maka dibentuk kelompok diskusi terdiri atas beberapa orang peneliti. Dengan beberapa orang mengkaji sebuah isu diharapkan akan hasil pemaknaan yang lebih objektif.

0 Response to "Teknik Pengumpulan Data"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel