-->

Pengertian Data Adalah

Data adalah catatan atas kumpulan fakta, data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa latin yang artinya “sesuatu yang diberikan”. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya, pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.


Jenis-jenis data sebagai berikut :
a.       Data Nominal
adalah ukuran yang paling sederhana, dimana angka yang diberikan kepada objek mempunyai arti sebagai label saja, dan tidak menunjukkan tingkatan apapun. Ciri-ciri data adalah hanya memiliki atribut,atau nama dan diskrit. Data nominal merupakan data kontinum dan tidak memiliki urutan.

b.      Data Ordinal
Adalah data yang memiliki nama (atribut) dan juaga memiliki peringkat atau urutan. Angka yang diberikan mengandung tingkatan yang diugunakan untuk mengurutkan objek dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi, atau sebaliknya. Ukuran ini tidak memberikan nilai absolut terhadap objek, tetapi hanya memberikan peringkat saja. Alat analisis (uji hipotesis asosiatif) statistik nonparametik yang lazim digunakan untuk data ordinal adalah Spearman Rank Correlation dan Kendall Tau.

c.       Data Interval
Adalah pemberian angka kepada set dari objek yang mempunyai sifat-sifat ukuran Ordinal dan ditambah satu sifat lain, yakni jarak yang sama pada pengukuran dinamakan data interval. Data ini memperlihatkan jarak yang sama dari ciri atau sifat objek yang diukur , akan tetapi ukuran interval tidak memberikan jumlah absolut dari objek yang diukur. Data yang diperoleh dari hasil pengukuran menggunakan skala interval dinamakan data interval. Alat analisis (uji hipotesis asosiatif) statistik parametik yang lazim digunakan untuk data interval ini adalah Pearson Korelasi Product Moment, Partial Correlation, Partial Regression dan Multiple Regression.

d.      Data Ratio
Adalah data yang ukurannya meliputi semua ukuran  diatas ditambah dengan satu sifat yang lain, yakni yang memberikan keterangan tentang nilai absolut dari objek yang diukur dianamakan ukuran ratio ( data rasio). Data ratioi yang diperoleh melalui pengukuran denga skala rasio memiliki titik nol. Karenanya , interval jarak tidak dinyatakan dengan dengan beda angka rata-rata satu kelompok dibandingkan dengan titik nol diatas. Oleh karena ada titik nol, maka data ratio dapat dibuat perkalian ataupun pembagian, angka pada data ratio menunjukkan nilai sebenarnya dari objek yang diukur.

e.       Konversi Variabel Ordinal
Adakalanya kita tidak ingin menguji hipotesis dengan alat uji hipotesis satistik nonparametik dengan berbagai pertimbangan , baik dari segi biaya, waktu maupun dasar teori. Misalnya kita ingin melakukan uji statistik parametik pearson korelasi product Moment, Multiple Correlation, Partial Regression dan Multiple Regression, padahal data yang kita miliki adalah hasil pengukuran dengan skala ordinal , sedangkan persyaratan penggunaan statistik parametik adalah selain data harus berbentuk interval atau ratio, data harus memiliki distribusi normal, jika tidak ingin melakukan uji normalitas karena data yang kita miliki adalah data ordinal, hal itu bisa saja kita lakukan dengan cara menaikkan data dari pengukuran skala ordinal menjadi data dalam skala interval dengan metode Suksesive interval.

0 Response to "Pengertian Data Adalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel