-->

Model Perencanaan Strategi Sistem dan Teknologi Informasi

Dari beberapa pengertian yang telah dikemukakan pada subbab-subbab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan atas pengertian dari Perencanaan Strategi Sistem dan Teknologi Informasi, yaitu suatu proses analisis yang menyeluruh dan sistematis  dalam  merumuskan  tujuan  dan  sasaran  perusahaan  serta  menentukan strategi yang memanfaatkan keunggulan sistem informasi dan dukungan teknologi informasi dalam menunjang strategi bisnis dan memberikan perusahaan suatu keunggulan  jangka  panjang  untuk  menghadapi  persaingan  dengan  perusahaan lainnya.
a.   Aktivitas Inputs :
 Internal  Business  Environment,  yaitu  strategi  bisnis  yang  lama atau saat ini, objek-objek bisnis, sumbernya, prosesnya, dan kebudayaannya serta nilai bisnisnya.
Eksternal Business Environment, yaitu meliputi ekonomi, industry dan persaingannya yang mempengaruhi operasional perusahaan.
Internal IS/IT Environment, yaitu SI/TI yang lama atau saat ini dalam bisnis, yang membantu jalannya bisnis dan merupakan salah satu          skill   dan   sumbe serta   infrastruktur   teknologi   dalam perusahaan.
 Eksternal IS/IT Environment, yaitu meliputi trend teknologi baru dan peluang penggunaan SI/TI yang lain, dan melihat SI/TI dari pelanggan dan pesaing.

b.  Proses perencanaan strategi SI/TI
Proses  dimana  informasi  yang  diperoleh,  serta  hasil  analisis  yang diperoleh dari inputs, akan diolah untuk menghasilkan outputs.

c.   Aktivitas Outputs :
 Business IS strategy, yaitu merupakan suatu strategi baru dari SI bisnis yang mungkin akan menghilangkan atau menambahkan beberapa unit atau fungsi bisnis yang telah ada.
 IS/IT Management Strategy, yaitu meliputi elemen-elemen umum dari strategi yang dipakai pada keseluruhan perusahaan.
IT Strategy, merupakan strategi untuk mengelola teknologi dan sumber daya khusus yang berhubungan dengan TI.

d.   Future application portfolio
Rincian yang menjelaskan usulan aplikasi yang akan digunakan perusahaan dalam waktu kedepan, untuk mengintegrasikan setiap unit dari perusahaan  dan  menyesuaikan  perkembangan  teknologi  dengan perkembangan perusahaan.

e.   Current application portfolio
Rincian mengenai aplikasi sistem informasi yang diterapkan diperusahaan  saat  ini,  dengan  melihat  keuntungan  dan  kekuatan  yang diperoleh dengan menggunakan aplikasi tersebut serta melihat dukungan aplikasi yang ada terhadap kegiatan operasional dan perencanaan strategi sistem dan teknologi informasi bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan dan pasar pada saat sekarang ini.

0 Response to "Model Perencanaan Strategi Sistem dan Teknologi Informasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel