Analisis PEST (Politic, Economic, Social, Technology)
Menurut
Ward dan Peppard (2002, p70-72) analisis
PEST adalah analisis terhadap faktor lingkungan eksternal bisnis yang meliputi bidang politik, ekonomi, sosial
dan teknologi. PEST digunakan
untuk menilai pasar dari suatu
unit bisnis atau unit organisasi. Arah analisis PEST adalah kerangka
untuk menilai sebuah situasi, dan menilai strategi
atau posisi, arah perusahaan, rencana
pemasaran atau
ide. Dimana analisis ini dapat diambil
suatu peluang atau ancaman baru bagi perusahaan.
a) Faktor
Politik
Faktor politik
meliputi kebijakan pemerintah, masalah-masalah hukum, serta mencakup
aturan-aturan formal dan informal dari lingkungan dimana
perusahaan melakukan kegiatan. Contoh
: kebijakan tentang pajak, peraturan ketenaga kerjaan, peraturan perdagangan, stabilitas politik dan
peraturan daerah.
b) Faktor Ekonomi
Faktor ekonomi meliputi
semua faktor yang mempengaruhi daya pembelian dari pelanggan
dan mempengaruhi
iklim dari bisnis suatu perusahaan. Contoh : pertumbuhan ekonomi, tingkat suku bunga, standar nilai tukar,
tingkat inflasi, hargaharg produk dan
jasa.
c) Faktor Sosial
Faktor sosial meliputi
semua faktor yang dapat mempengaruhi
kebutuhan dari pelanggan dan mempengaruhi ukuran dari
besarnya pangsa pasar yang ada. Contoh : tingkat pendidikan masyarakat, tingkat pertumbuhan penduduk, kondisi lingkungan sosial,
kondisi lingkungan kerja, keselamatan dan kesejahteraan sosial.
d) Faktor
Teknologi
Faktor teknologi meliputi semua hal yang dapat membantu dalam menghadapi tantangan bisnis dan mendukung
efisiensi proses bisnis. Contoh : aktivitas penelitian dan pengembangan teknologi, automatisasi, kecepatan
transfer teknologi, tingkat kadarluasa teknologi.
0 Response to "Analisis PEST (Politic, Economic, Social, Technology)"
Post a Comment