-->

Klasifikasi / Pembagian Sistem

A.Sistem Fisik (Physical System)
Adalah kumpulan elemen-elemen atau unsur-unsur yang saling berinteraksi satu sama lain secara fisik serta dapat diidentifikasi secara nyata tujuan-tujuanya.

B.Sistem Abstrak (Abstract System)
Adalah Sistem yang dibentuk akibat terselenggaranya ketergantungan ide, dan tidak dapat diidentifikasi secara nyata tetapi dapat diuraikan elemen-elemennya.

C.Sistem Alamiah (Natural System)
Sistem yang terjadi melalui proses alam dalam artian tidak dibuat oleh manusia.

D.Sistem Buatan Manusia ( Human Made System)
Sistem yang dirancang oleh manusia yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin disebut Human Machine System.

E.Sistem Tertentu (Deterministic System)
Sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Interaksi bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti sehingga keluaran dari sistem dapat diramalkan.

F.Sistem Tak Tentu (Probabilistic System)
Sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas.

G.Sistem Tertutup (Close System)
Sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan sistem luarnya, sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak luarnya. Secara toeritis sistem tersebut ada, tetapi kenyataan nya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup.

H.Sistem Terbuka (Open System)
Sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya, lebih spesifik dikenal juga dengan sistem terotomasi yang merupakan bagian dari sistem buatan manusia dan berinteraksi dengan kontrol oleh satu atau lebih komputer sebagian bagian yang digunakan dalam masyarakat. Sistem Terotomasi terbagi menjadi 4 kategori yaitu:
1.      Sistem On-Line adalah sistem yang menerima langsung input pada aarea dimana input tersebut direkam dan menghasilkan output yang dapat berupa hasil komputansi pada area dimana mereka dibutuhkan.
2.      Sistem Real Time adalah sistem mekanisme pengontrolan, perekaman data, pemprosesan yang sangat cepat sehingga output yang dihasilkan dapat diterima dalam jangka waktu yang relatif sama.
3.      Sistem Decision Support and Strategic Planning adalah sistem yang memproses transaksi organisasi secara harian dan membantu mengambil keputusan, mengevaluasi dan menganalisa tujuan organisasi.
4.      Knowledge-based System adalah program komputer yang dibuat mendekati kemampuan dan pengetahuan seorang pakar. Umumnya menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak khusus seperti LISP dan PROLOG.

Sistem Terotomasi mempunyai komponen yaitu:
·         Perangkat keras(CPU, disk, printer, tape)
·         Perangkat Lunak (sistem operasi, sistem database, program pengontrol komunikasi, progream aplikasi)
·         Personil (yang mengoperasikan Sistem, menyediakan masukan, dan melakukan aktivitas manual yang mendukung sistem).
·         Data (yang harus tersimpan dalam sistem jangka waktu tertentu)

0 Response to "Klasifikasi / Pembagian Sistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel