-->

Karakteristik Sistem adalah

Sistem memiliki karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yang mencirikan bahwa hal tersebut bisa dikatakan sebagai sistem. Adapun karakteristik yang dimaksud adalah:
1.Komponen (Component)
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem dapat berupa sautu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen-komponen atau Subsistem-Subsistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Suatu sistem dapat mempunyai suatu sistem yang lebih besar yang disebut dengan Supra Sistem.

2.Batas Sistem (Boundary)
Batas Sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan karena dengan batas sistem ini  fungsi dan tugas dari subsistem yang satu dengan lainnya berbeda tetapi saling berinteraksi. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (Scope) dari sitem tersebut.

3.Lingkungan Luar Sistem (Environment)
Segala sesuatu diluar dari batas sistem yang mempengaruhi operasi dari suatu sistem.  Lingkungan luar sistem ini dapat bersifat menguntungkan atau merugikan. Lingkungan luar yang menguntungkan harus dipelihara dan dijaga agar tidak hilang pengaruhnya, sedangkan lingkungan luar merugikan harus dimusnahkan dikendalikan agar tidak menggangu operasi sistem.

4.Penghubung Sistem (Interface)
Merupakan media penghubung antara satu subsistem yang lainnya, untuk membentuk satu kesatuan sehingga sumber-sumber daya mengalir dari subsistem yang satu kesubsistem yang lainnya. Dengan kata lain output dari suatu sistem akann menjadi input dari subsistem yang lainnya.

5.Masukan Sistem(Input)
Merupakan energi yang dimasukkan kedalam sistem berupa maskan perawatan (Maintenance Input) adalah suatu energi yang dimasukkan supayasistem tersebut dapat beroperasi dan masukan sinyal (Signal Input) adlah energi yang di proses untuk didapatkan keluaran. Sebagai contoh didalam sistem komputer, program adalah maintanance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan data adalah signalm input untuk diolah menjadi informasi.

6.Keluaran Sistem (Output)
Merupakan hasil darim energi yang diolah sistem. Meliputi keluaran yang berguna, contohnyainformasi yang dikeluarkan oleh kkomputer dan keluaran yang tidak berguna yang dikenal sebagai sisa pembuangan, contohnya panas yang dikeluarkan oleh komputer.

7.Pengolah Sistem (Process)
Merupakan bagian yang memproses masukan untuk menjadi keluaran yang diinginkan.

8.Tujuan Sistem (Goal)
Setiap sistem mempunyai tujuan ataupun sasaran yang mempengaruhi input yang dibutuhkan dan output yang dihasilkan. Dengan kata lain suatu sistem akan dikatakan berhasil kalau pengoperasian sistem itu mengenai sasaran atau tujuannya. Sistem yang tidak mempunyai sasaran maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.

0 Response to "Karakteristik Sistem adalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel