-->

Variabel Individual Hubungan Internasional

Variabel Individual
Variabel ini mencangkup beberapa aspek nilai, bakat, pengalaman, dan personalitas dari elit politik yang mempengaruhi persepsi dan perilaku terhadap politik luar negeri. Rosenau menyebutkan beberapa ketentuan yang mempengaruhi proses pembentukan politik luar negeri yang berasal dari proses idiosinkratik, yaitu :
a)      Personality
b)      Experience (pengalaman)
c)      Leadership Style (Gaya Kepemimpinan)

Sehingga tindakan luar negeri mengacu pada perilaku politik. Secara umum perilaku politik luar negeri suatu negara dapat berbentuk pernyataan-pernyataan politik luar negeri pemerintah, dan juga tindakan-tindakan politik luar negeri yang dilakukan pemerintah. (Holsti 1992:26).

Franz Magnis mengungkapkan bahwa proses pelaksanaan Politik Luar Negeri suatu negara dapat diukur dalam konsistensi yang memiliki karakteristik khusus, diantaranya :
a)       Ekstraktif
Merupakan suatu proses pengajuan untuk pembentukan kebijaksanaan oleh suatu negara berdasarkan sumber daya alam dan kapabilitas sumber daya manusia. Proses ini mengungkapkan kemampuan suatu negara dalam mengkoordinir tahapan kebutuhan nasionalnya yang bersinggungan dengan kehidupan birokrasi negaranya dalam lingkungan internasional.

b)        Akomodatif
Merupakan suatu tahapan bagi formulasi pembentukan politik luar negeri suatu negara yang dirumuskan dalam suatu kebijakan yang memiliki ciri khusus dalam pelaksanaan setiap unsur-unsur kenegaraan. Proses penganalisaan yang bersifat menyeluruh merupakan suatu pembuktian  secara empirik yang dapat ditinjau secara observasional.

c)         Regulatif
Merupakan suatu ketentuan dalam bentuk pengawasan terhadap tingkah laku yang ditujukan pada individu atau kelompok yang tercangkup kedalam suatu sistem politik dari suatu negara. Pandangan ini mengarahkan pada berbagai bentuk aktivitas yang dilaksanakan guna memberikan arahan yang positif bagi setiap pembentukan politik luar negeri yang dijalankan.

d)        Responsif
Suatu ketentuan dalam sistem politik suatu negara yang mengharapkan suatu tanggapan terhadap serangkaian hubungan yang timbul dalam lingkungan intra masyarakat maupun lingkungan ekstra masyarakat yang dapat berbentuk tekanan secara konkrit ataupun dalam wujud tuntutan-tuntutan yang membawa menuju iklim demokratisasi (1988:265-267)

0 Response to "Variabel Individual Hubungan Internasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel