-->

Plan-Do-Check-Action (PDCA)

Salah satu model yang banyak digunakan dalam proses perbaikan/peningkatan proses dan produk adalah Deming Cycle atau Plan-Do-Check-Action (PDCA) yang dirumuskan oleh W. Edwards Deming. Siklus ini menjabarkan empat langkah terkait dalam process improvement:

    Plan. Pada langkah ini, dilakukan pemeriksaan dan penilaian atas kinerja saat ini.
Dari hasil pemeriksaan ini dibuat suatu analisis atas permasalahan yang mungkin ada dan dicoba untuk menentukan akar permasalahannya. Berangkat dari analisis ini, dicari suatu kemungkinan solusi dan dibuatlah rencana untuk menerapkan solusi ini untuk mengatasi permasalahan yang ada.

    Do. Pada langkah ini, rencana solusi yang sudah dirumuskan dalam langkah Plan mulai digulirkan. Umumnya langkah ini mula-mula dilakukan dalam skala kecil dalam keseluruhan organisasi/proyek (berfungsi sebagai pilot project) sebelum kemudian mungkin dikembangkan ke keseluruhan organisasi/proyek.

    Check.  Dari  dijalankannya  rencana  tadi,  dilakukan  perbandingan  terhadap hasilnya dan apa yang sebenarnya diharapkan. Jika terdapat perbedaan antara hasil sesungguhnya dan rencana awal, periksalah apa yang menyebabkan adanya perbedaan tersebut.

    Act. Dengan berdasarkan hasil pengujian dan evaluasinya, perbaiki rencana awal tadi untuk semakin mempertajam solusi yang ditawarkan. Rencana ini dapat dijadikan sebagai guidelines permanen jika memang memberikan hasil yang baik dan dapat diaplikasikan secara lebih luas lagi (melebihi jangkauan awal pilot project).

Siklus PDCA merupakan siklus rekursif, sehingga dapat disebut sebagai continuous improvement.

0 Response to "Plan-Do-Check-Action (PDCA)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel