-->

Pengertian Persediaan adalah

Dalam  perusahaan dagang atau industri, biasanya persediaan bahan baku dan persediaan barang jadi atau dagang merupakan komponen aktiva yang cukup besar nilainya serta transaksinya sering terjadi. Pencatatan persediaan menjadi sangat penting, karena   bila   terjadi   kesalahan   dalam   menentukan   nilai   persediaan,   maka   akan berpengaruh terhadap neraca dan perhitungan rugi laba, baik tahun berjalan maupun tahun yang akan datang. Adapun pengertian persediaan menurut Assauri (2000), “Persediaan adalah suatu aktiva yang meliputi barang barang milik perusahaan dengan maksud untuk dijual dalam suatu periode usaha yang normal atau masih dalam proses maupun menunggu penggunaannya dalam suatu proses produksi” (h.169).

Kieso, Weygandt dan  Warfield (2004) menulis mengenai pengertian persediaan sebagai berikut, “Inventories are asset  items held for sale  in the ordinary  course  of business or goods that will be used or consumed in the production of goods  to be sold” (p.368).

Menurut Standar Akuntansi Keuangan atau SAK nomor 14 (2002),  “Persediaan adalah aktiva :
a.   tersedia untuk dijual dalam kegiatan usaha normal,
b.   dalam proses produksi dan atau dalam perjalanan, atau
c.   dalam bentuk bahan atau perlengkapan (supplies) untuk digunakan dalam proses produksi atau pemberian jasa” (h.14.1).

Berdasarkan pengertian persediaan diatas dapat disimpulkan bahwa persediaan adalah  barang  yang  disediakan atau  diadakan  perusahaan untuk  digunakan  sebagai bahan dalam proses produksi maupun untuk dijual kembali tergantung dari sifat kegiata perusahaan. Dengan kata lain, berdasarkan jenis usahanya, persediaan dapat dikelompokkan yaitu persediaan yang dimiliki perusahaan dagang adalah persediaan barang dagang (merchandise inventory) dan persediaan yang dimiliki oleh perusahaan manufaktur meliputi persediaan bahan baku, bahan penolong, barang dalam proses dan barang jadi.

0 Response to "Pengertian Persediaan adalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel