-->

Pembahasan Production System

Kemampuan suatu perusahaan untuk bersaing dipengaruhi oleh karakter dari proses – proses yang ada di perusahaan tersebut. Jadi memang masuk akal jika proses yang ada dapat diidentifikasi dan dimengerti karakternya. 

Menurut Kolarik (1999, pp 43) dalam ”Creating Quality, Process Design for Results”, keefektifan dan keefisienan suatu sistem produksi dan proses – proses didalamnya mengarah pada suatu kesamaan, mereka diarahkan untuk suatu tujuan bersama seperti yang sudah tertuang dalam visi, misi dan nilai – nilai perusahaan, selain tujuan spesifik dari produksi tersebut. 

Sistem produksi ini terstruktur secara sistematis dan secara hierarkis. Proses – proses didalamnya juga diciptakan dan dioperasikan melalui usaha – usaha untuk mendefinisikan, mengontrol dan memperbaiki/mengembangkan. 

1 Konsep Dalam Mendefinisikan/Meredefinisikan 

Suatu Proses Kolarik (1999, pp 44 – 45) lebih jauh menjelaskan bahwa dalam mendefinisikan dan meredefinisikan suatu proses mencakup tiga elemen, yaitu output, transformasi dan input. Hal ini mewakili maksud strategis perusahaan dimana visi dan misi perusahaan tercakup. 

Jika pendefinisian suatu proses menyimpang daru tujuannya, tidak akan ada pengendalian dan perbaikan yang dapat dilakukan, hanya dengan meredefinisikan ulang dapat membantu. 

Output mendeskripsikan produk dan produk sampingan dari proses yang ada. Input maksudnya adalah sumber – sumber daya yang ada, seperti material, energi, informasi dan sebagainya, yang diperlukan untuk melaksanakan proses  tersebut. 

Dalam mendefinisikan dan meredefinisikan proses yang ada, kita menggunakan teknologi dan sumber daya terbaik dalam perusahaan. 

2 Konsep Dalam Pengendalian Proses 

Pengendalian proses berfokus pada hasil, dimana pengendalian ini mencakup tiga elemen yaitu: pengukuran, perbandingan dan perbaikan. Pengukuran melibatkan parameter – parameter strategis dan taktis, seperti posisi terakhir dari operasi mesin. 

Pengukuran ini dibandingkan dengan nilai – nilai yang ingin dicapai, dimana langkah ini merupakan kegiatan perbandingan nilai – nilai yang sudah ditargetkan sebelumnya. Tindakan – tindakan yang layak akan dilakukan, jika diperlukan, untuk mengarahkan parameter yang diukur mendekati target yang telah ditetapkan. 

0 Response to "Pembahasan Production System"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel