-->

Metode Analisis Laporan Keuangan

Analisis Horizontal

Menurut definisi Larson, Wild, dan Chiappetta (2002), “Horizontal analysis is comparison of a company’s financial condition and performance across time” (p. 744).
Sawir (2005) mendefinisikan, “Analisis horizontal adalah analisa dengan cara membandingkan neraca dan laporan laba rugi beberapa tahun terakhir secara berurutan” (h. 46).


Analisis Vertikal

Munawir (2002) mendefinisikan, “Analisis vertikal yaitu apabila laporan keuangan yang dianalisa hanya meliputi satu periode atau satu saat saja, yaitu dengan memperbandingkan antara pos yang satu dengan pos lainnya dalam laporan keuangan tersebut, sehingga hanya akan diketahui keadaan keuangan atau hasil operasi pada saat itu saja” (h. 36).

Analisis Rasio

Menurut definisi Wild, Bernstein, dan Subramayam (2001), “Rasio analysis is among the most popular and widely used tools of financial analysis, yet it’s role is often misunderstood and consequently it’s importance often overated” (p. 38).
Munawir (2002) mendefinisikan, “Analisis rasio adalah suatu metode analisa untuk mengetahui hubungan dari pos-pos tertentu dalam neraca atau laporan rugi laba secara individu atau kombinasi dari kedua laporan tersebut.

Dari definisi-definisi diatas dapat disimpulkan bahwa analisis rasio adalah suatu cara menganalisa pelaksanaan kegiatan perusahaan, menilai keuntungannya, menilai struktur modalnya, dan lainnya, dengan menggunakan tolak ukur yang merupakan perbandingan antara angka-angka dalam neraca dan laporan laba rugi.

0 Response to "Metode Analisis Laporan Keuangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel