-->

Manajemen Keuangan dan Persediaan

Manajemen Keuangan dan Persediaan

Berikut ini adalah pendapat ahli keuangan mengenai persediaan dan manajemen keuangan. 

Menurut Van Horney dan Wachwicz (1999:280)

“Walaupun manajemen perusahaan biasanya bukan merupakan tanggungjawab operasional langsung dari manajer keuangan, namun investasi pada persediaan merupakan aspek manajemen keuangan yang sangat penting. Akibatnya manajemen keuangan harus dapat memahami cara-cara pengawasan persediaan yang efektif sehingga modal dapat dialokasikan dengan efesien. 

Semakin besar biaya kesempatan dari dana yang diinvestasikan pada perusahaan, semakin rendah tingkat optimal dari persediaan rata-rata dan semakin rendah pula kuantitas pemesanan optimal”.


Tipe - Tipe Persediaan
Menurut Lukman Syamsuddin (2000:281), menerangkan bahwa ada tiga bentuk utama dari persediaan perusahaan yaitu :
1.      Persediaan Bahan Mentah
Bahan mentah adalah merupakan yang dibeli oleh perusahaan untuk diproses menjadi barang setengah jadi dan akhirnya barang jadi atau produk akhir dari perusahaan.

2.      Persediaan Barang dalam Proses
Persediaan Barang dalam proses terdiri dari keseluruhan barang – barang yang digunakan dalam proses produksi tetapi masih membutuhkan proses lebih lanjut untuk menjadi barang yang siap untuk dijual (barang jadi).

3.      Persediaan Barang Jadi
Persediaan barang jadi adalah merupakan persediaan barang – barang yang telah selesai diproses oleh perusahaan tetapi masih belum terjual

0 Response to "Manajemen Keuangan dan Persediaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel